Rabu, 01 Oktober 2014

Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang TI


Nama : Riri Riandita
NPM  : 56411261
Kelas  : 4IA12

DEFINISI BISNIS
Dalam ilmu ekonomi bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Dengan kata lain bisnis merupakan suatu aktifitas yang dikerjakan oleh sekolompok orang untuk menjual sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan. Berikut merupakan definisi bisnis menurut beberapa para ahli:
1.      Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2.      Brown dan Petrello (1976)
Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan memperoleh laba.

DEFINISI INFORMATIKA
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi  fakta yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

BISNIS INFORMATIKA
Dari kedua definis diatas dapat ditarik kesmipulan bahwa "Bisnis informatika" merupakan aktifitas yang dilakukan oleh sekolompok orang atau organisasi untuk menjual barang/jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat berbasis komputasi atau menggunakan aplikasi komputer.
Sekarang ini banyak orang yang melakukan bisnis melalui internet menggunakan website. Sebagai salah satu contoh yaitu salah satu fastfood menyediakan pesan antar makanan menggunakan website. Konsumen yang ingin memesan makanan dapat melihat menu makanan yang ingin di pesan pada website tersebut. Contoh lain adalah jejaring sosial Facebook. Banyak orang yang mempromosikan barang/jasa memlaui jejaring sosial ini, karena biayanya yang sangat murah dan pada saat ini hampir semua orang di dunia mengenal jejaring sosial facebook ini.

Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bidang IT

Dalam kesempatan kali ini penulis ingin membuat tulisan tentang Perusahaan menengah yang bergerak dalam bidang IT. Penulis mengambil bidang jasa yaitu Warnet, Service Komputer, dan Aksesoris Komputer. Karena sudah maraknya bisnis dalam bidang warnet namun tidak banyak yang merambah dalam jasa service komputer dan penjualan aksesoris computer, maka saya memilih Cyber Komputer untuk bahan tulisan penulis.
Cyber Net memulai operasinya dalam penyedia Warung Internet (Warnet) yang dimulai pada Januari 2008 dengan nama Cyber Net, bertempat di JL. Raya Ujung Aspal sebagai salah satu unit usaha yang di dirikan oleh M. Syaifullah. Seiring dengan perkembangan bisnis, maka pada 5 Januari 2010 menambahkan bidang Jasa Service Komputer dan Aksesoris Komputer, dan secara resmi berganti nama menjadi Cyber Komputer. Dengan penambahan bidang jasa dan dagang, maka sang pemilik menambahkan rekan kerja untuk membantunya dalam memperbaiki computer maupun menjual aksesoris computer. Total rekan kerja yang di miliki M. Syaifullah adalah 4 orang, dimana 1 orang membantu menjaga warnet, 2 orang membantu memperbaiki computer, dan yang terakhir untuk menjaga penjualan aksesoris computer.
·         Alasan membuka usaha Warnet :
Dalam memulai usaha warnet, sedikit banyak membutuhkan perhitungan, yaitu antara perkiraan investasi yang dikeluarkan dan biaya-biaya yang muncul. Acuan tersebut yang menjadikan dasar membuka usaha Warnet karena mulai maraknya orang menggunakan Internet, namun tidak memiliki komputer sendiri atau sudah ada yang memiliki computer namun tidak memiliki koneksi internet di rumah. Dunia maya menyajikan apa saja yang kita inginkan, sehingga membuka usaha warnet di rasa pas dengan perkembangan jaman ini.
lLayanan Utama warnet tentunya adalah akses internet.  Namun, jangan menyampingkan layanan lain untuk menunjang layanan internet, sebab layanan penunjang ini sangat membantu keberhasilan warnet Beberapa layanan penunjang tersebut.
Pelayanan Penunjang Dasar.
1.      Pengetikan
2.      Pencetakan
3.      Pemindaian
4.      Edit Foto Sederhana
5.      Game online
·         Alasan membuka usaha Jasa Service Komputer :
Dunia computer adalah dunia yang unik dan kompetitif, dunia yang tidak mengenal kata berhenti, sebab setiap buan pasti ada computer terbaru dengan spesifikasi yang lebih canggih dari keluaran sebelumnya. Dunia computer yang tidak mengenal kata berhenti itu kemudian member peluang yang amat baik untuk siapa saja yang berkeinginan untuk membuka Jasa Service Komputer, apalagi saat ini Komputer bukan lagi barang mewah, dimana-mana computer sudah ada. Pada prinsipnya, semakin banyak computer maka semakin banyak pua computer yang rusak, pastinya computer yang rusak membutuhkan jasa service computer untuk memperbaikinya.
§  Layanan Service Monitor
Kami malayani jasa perbaikan monitor Lcd / Crt untuk semua merk monitor dan berbagai jenis kerusakannya  seperti :
-          Monitor mati total
-          Tampilan layar polos ( lcd blank )
-          Tampilan layar bergaris vertikal / horizontal
-          Tampilan layar redup ( gelap )
-          Tampilan layar berubah warna
-          Lampu power ber kedip – kedip
-          Bila monitor dihidupkan nyala sebentar
-          Panel control depan tidak berfungsi

§  Jasa  perbaikan-service laptop, netbook berbagai jenis trouble shooting antara lain :






-          Laptop mati Total
-          Install Os (windows 7)
-          ReeBall  Chipset Vga / Bga
-          Laptop hang (Erorr)
-          Keyboard error
-          Lampu power berkedip 
-          Battery lemah
-          Hardisk laptop bermasalah
-          Engsel laptop patah
-          Repair body laptop
-          Cable Flexibel Lcd  
-          Laptop sering restart sendiri
-          Laptop layar bergaris Vertical 
-          Laptop layar bergaris horizontal
-          Perbaikan Mainboard Laptop
-          Ganti Matherboard Laptop
§  Jasa service printer berbagai jenis dan merk printer Canon ,Epson ,hp ,Brother ,Xerox  meliputi :
-          Printer  Dot matrik                            
-          Printer  Desk jet
-          Printer  Laser jet
-          Printer  All in one ( printer + scaner )
-          Printer Ploter
Perbaikan  segala jenis kerusakan pada printer seperti  :
-          Printer mati total
-          Printer blinking (lampu led berkedip)
-          Printer error
-          Printer tidak terdetek oleh system
-          Hasil print tidak bagus
-          Modif printer epson, canon
-          Dan kerusakan lainnya

·         Alasan membuka usaha Dagang Aksesoris Komputer :
Berdagang adalah jenis usaha termudah diantara jenis-jenis usaha lainnya. Namun masih saja banyak orang yang gagal di bisnis ini. Dengan perkembangan jaman, sudah banyak yang menggunakan computer sehigga aksesorisnya  pun sudah banyak bermunculan. Mengambil kesempatan itu, maka tidak ada salahnya untuk merambah dunia perdagangan dengan menjual aksesoris untuk computer. Aksesoris komputer telah menjadi bagian teak terpisahkan dari penggunaan komputer dan laptop. Ada beraneka macam jenis akseoris seuai dengan fungsinya masing-masing. Dengan menggunakan berbagai macam aksesoris bisa menambah manfaat dari penggunaan laptop dan komputer. Aksesoris komputer sudah menjadi hal yang dibutuhkan bagi mereka yang terbiasa menggunakan komputer. Penggunaan aksesoris meningkatkan dan memaksimalkan kinerja dan penggunaan komputer.
§  Aksesoris computer meliputi
-          Mouse
-          Keyboard
-          Flashdisk
-          CD / DVD
-          Printer
-          Kabel Data
-          dll
Cyber Komputer memiliki keunggulan dalam bidang teknologi yaitu Service Komputer karena sang pemilik memiliki dasar sekolah pada bidang computer, yang sudah paham tentang jasa “penyembuhan” komputer. Pada awal tahun 2008, Cyber Komputer lebih memfokuskan pelayanan Warung Internet, karena pada saat itu sedang marak tentang social media dan mulai bermunculan game On-line. Lalu selang 2 tahun, Cyber Komputer membuka layanan Service Komputer agar kemampuan pemilik terasah kembali.
·         VISI PERUSAHAAN
Misi dari Cyber Komputer adalah :
1.      Menjadikan Cyber Komputer yang terbaik dalam memberikan jasa pelayanan service komputer dan desain grafis kepada konsumen yang membuahkan kesuksesan.
2.      Menjadikan pusat pelanggan jasa dan service terpadu yang dibutuhkan masyarakat publik untuk tumbuh dan berkembang serta terpercaya dalam segala bentuk pelanggan dan keahlian yang didukung oleh Sumber Daya Manusia yang Handal dan Professional.

·         MISI PERUSAHAAN
Misi dari Cyber Komputer adalah :
1.      Cyber Komputer akan memeberikan jasa pelayanan Warnet, Service Komputer dan Aksesoris Komputer yang terbaik kepada konsumen.
2.      Terus berupaya mencapai target yang telah di rencanakan.
3.      Bergerak dalam komoditi pelayanan jasa dengan mengikuti kaidah profesionalisme yang tepat berdasarkan Etika Profesi.

·         TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan dari Cyber Komputer adalah :
1.      Dapat mengaplikasikan keahlian di masyarakat  .
2.      Memberikan pelayanan jasa dengan baik dan bertanggung jawab

Karena bisnis dalam usaha ini terus berkembang, dengan pendapatan bisnis warnet dan game online sang pemilik mendapatkan omset sekitar Rp 150.000.000,- per tahun. Pendapatan bisnis jasa Service Komputer sang pemilik mendapatkan omset sekitar Rp 100.000.000,- pertahun. dan untuk omset bisnis Aksesoris Komputer pemilik mendapatkan omset sekitar Rp 100.000.000,- pertahun nya. Pendapatan tersebut masih harus di kurangi untuk membayar jasa rekan kerja, tetapi tidak mengurangi keuntungan yang di dapat tiap tahunnya.

Demikian artikel tentang “Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang IT” telah selesai. Selanjutnya penulis akan memberi komentar mengenai Cyber Komputer.

Cyber Komputer ini bergerak dalam bidang jasa pelayanan Komputer, dari mulai Warnet, Jasa Service Komputer, hingga menjual Aksesoris Komputer. Walaupun sudah beredar modem dan smartphone yang menyediakan layanan internet berjalan, namun tidak di pungkiri bahwa peran warnet masih berjalan di kehidupan karena internet dalam smartphone atapun modem tidak selalu aktif. Karena biaya yang sesuai dengan kebutuhan, dan juga game online yang masih berjalan dan terus berkembang, sehingga warnet masih di minati bahkan dicari dan tidak di tiggalkan oleh masyarakat umum.
Pelayanan service komputer sangat berguna di ingat tidak semua orang bisa memperbaiki komputer yang dimilikinya karena tidak setiap orang mempunyai keahlian tersebut. Dan juga pengguna komputer menginginkan tenaga ahli saja yang menangani barang penting karena komputer tersebut berisi data-data pribadi. Kebutuhan akan terjangkaunya tempat penjualan aksesoris komputer pun tidak terelakkan, karena sudah mulai banyak aksesoris komputer yang lucu atau pun memang sangat dibutuhkan dengan jarak tempuh yang singkat. Sehingga tidak perlu jauh untuk membeli aksesoris komputer.

Tidak ada komentar: