Selasa, 21 Oktober 2014

Aspek Pemasaran

Nama  : Riri Riandita
NPM   : 56411261
Kelas  : 4IA12

Aspek Pemasaran Cyber Komputer

1.      Spesifikasi Produk/Jasa
Pada mulanya Cyber Komputer hanya berupa Warnet (Warung Internet) yang menyediakan layanan Browsing dunia maya dengan menggunakan 10 buah PC. Dengan berjalannya waktu Cyber Komputer menambahkan Layanan Jasa dengan menyediakan Service Komputer dan Menjual Aksesoris.
Berikut ini adalah spesifikasi yang disediakan oleh Cyber Komputer.

a.    Layanan Utama warnet tentunya adalah akses internet.  Namun, jangan menyampingkan layanan lain untuk menunjang layanan internet, sebab layanan penunjang ini sangat membantu keberhasilan warnet Beberapa layanan penunjang tersebut. Pelayanan Penunjang Dasar :
1.      Pengetikan
2.      Pencetakan
3.      Pemindaian
4.      Edit Foto Sederhana
5.      Game online

b.    Layanan Service Komputer
§  Layanan Service Monitor
Kami malayani jasa perbaikan monitor Lcd / Crt untuk semua merk monitor dan berbagai jenis kerusakannya  seperti :

-          Monitor mati total
-          Tampilan layar polos ( lcd blank )
-          Tampilan layar bergaris vertikal / horizontal
-          Tampilan layar redup ( gelap )
-          Tampilan layar berubah warna
-          Lampu power ber kedip – kedip
-          Bila monitor dihidupkan nyala sebentar
-          Panel control depan tidak berfungsi

§  Jasa  perbaikan-service laptop, netbook berbagai jenis trouble shooting antara lain :






-          Laptop mati Total
-          Install Os (windows 7)
-          ReeBall  Chipset Vga / Bga
-          Laptop hang (Erorr)
-          Keyboard error
-          Lampu power berkedip 
-          Battery lemah
-          Hardisk laptop bermasalah
-          Engsel laptop patah
-          Repair body laptop
-          Cable Flexibel Lcd  
-          Laptop sering restart sendiri
-          Laptop layar bergaris Vertical 
-          Laptop layar bergaris horizontal
-          Perbaikan Mainboard Laptop
-          Ganti Matherboard Laptop

§  Jasa service printer berbagai jenis dan merk printer Canon ,Epson ,hp ,Brother ,Xerox  meliputi :
-          Printer  Dot matrik                            
-          Printer  Desk jet
-          Printer  Laser jet
-          Printer  All in one ( printer + scaner )
-          Printer Ploter

Perbaikan  segala jenis kerusakan pada printer seperti  :
-          Printer mati total
-          Printer blinking (lampu led berkedip)
-          Printer error
-          Printer tidak terdetek oleh system
-          Hasil print tidak bagus
-          Modif printer epson, canon
-          Dan kerusakan lainnya

c.    Aksesoris computer meliputi :
-          Mouse
-          Keyboard
-          Flashdisk
-          CD / DVD
-          Printer
-          Kabel Data
-          Dll

2.      Analisis Situasi Pasar
Sebelum membuka usaha Warnet, terlebih dahulu menganalisis situasi keadaan yang sesuai. Memilih lokasi yang strategis sangat membantu dalam membuka usaha, apalagi bila memikirkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar tempat membuka usaha tersebut. Setelah memilih lokasi yang di inginkan, selanjutnya adalah membuat bangunan yang menarik sehingga terlihat berbeda dari tempat layanan internet lainnya. Tentunya membuat tempat layanan internet ini bersih dan nyaman, sehingga pengunjung hanya ingat satu nama tempat layanan internet apabila dia sedang membutuhkannya.
Apabila pelanggan telah percaya dengan tempat ini, maka langkah awal dalam membangun usaha ini telah berhasil. Dan tidak akan sulit apabila ingin menambah usaha baru, karena pelanggan sudah percaya dengan usaha yang sebelumnya. Karena itu pemilik membuka usaha baru lagi di tempat yang sama yaitu Melayani Service Komputer dan Menjual Aksesoris Komputer.

3.      Analisis Pesaing
Tidak hanya memikirkan Strategi pasar, pemilik juga memikirkan tentang pesaing. Maka dalam membuka usaha ini, pemilik terlebih dahuu melihat apakah banyak yang membuka usaha yang sama atau tidak. Karena banyaknya usaha yang sama menentukan konsumen banyak yang datang atau tidak.
Seiring berjalannya waktu, usaha warung internet terfikirkan oleh orang lain. Maka tidak akan cukup dengan lokasi yang strategis dan tempat yang nyaman saja. Pemilik harus memikirkan pesaing yang muncul, yaitu dengan cara mencoba sendiri layanan apa saja yang disediakan pesaing dalam membuka usahanya.
Pemilik mencoba mendatangi pesaing dengan berpura – pura sebagai pelanggan, lalu menganalisa apa saja yang disediakan tempat pesaing yang kurang atau tidak ada di tempat usahanya. Setelah analisa selesai, maka pemilik memikirkan apa saja yang harus di tambahkan pada tempat usahanya.
Tentu saja dengan tidak mengurangi rasa hormat pada pelanggan yang sudah percaya pada Cyber Komputer.

4.      Strategi Promosi
Saat tempat dan analisis pesaing sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah promosi tempat usaha tersebut. Promosi yang di lakukan Cyber Komputer adalah dengan membagikan voucher game online gratis untuk 1 jam pertama dan bayar normal pada jam berikutnya. Promosi ini cukup berhasil karena banyak menarik konsumen game online.
Lalu pemilik juga memberikan discount 50% apabila konsumen membeli paket 2 jam, sehingga konsumen yang ingin menjelajah dunia maya bisa berlama – lama dalam melakukan aktifitasnya di dunia maya. Setelah itu promosi dilakukan oleh konsumen sendiri yang menceritakan tentang discount yang diberikan oleh Cyber Komputer.
Promosi ini dilakukan hanya sebulan, cukup ampuh karena setelah sebulan itu konsumen tetap berdatangan karena sudah nyaman dengan tempatnya dan lokasi yang dekat. Untuk promosi Service Komputer pun pemilik melakukan hal yang sama yaitu dengan memberikan discount untuk 20 pelanggan pertama.

5.      Media Promosi berbasis TI
Tidak cukup dengan discount, pemilik juga membuat WEB agar konsumen dapat mengetahui tempat dan layanan apa saja yang disediakan oleh Cyber Komputer. WEB ini berisi tentang lokasi keberadaan Cyber Komputer, Fasilitas yang di sediakan di dalam Warnet, apa saja Aksesoris yang di jual, dan layanan Service Komputer yang disediakan.


Tidak ada komentar: