Nama : Riri Riandita
NPM : 56411261
Kelas : 4IA12
Aspek Pemasaran Cyber Komputer
1.
Spesifikasi
Produk/Jasa
Pada
mulanya Cyber Komputer hanya berupa Warnet (Warung Internet) yang menyediakan
layanan Browsing dunia maya dengan menggunakan 10 buah PC. Dengan berjalannya
waktu Cyber Komputer menambahkan Layanan Jasa dengan menyediakan Service
Komputer dan Menjual Aksesoris.
Berikut
ini adalah spesifikasi yang disediakan oleh Cyber Komputer.
a. Layanan
Utama warnet tentunya adalah akses internet. Namun, jangan menyampingkan
layanan lain untuk menunjang layanan internet, sebab layanan penunjang ini
sangat membantu keberhasilan warnet Beberapa layanan penunjang tersebut.
Pelayanan Penunjang Dasar :
1. Pengetikan
2. Pencetakan
3. Pemindaian
4. Edit Foto
Sederhana
5. Game online
b. Layanan Service Komputer
§
Layanan Service Monitor
Kami malayani jasa perbaikan monitor Lcd / Crt untuk semua merk monitor
dan berbagai jenis kerusakannya seperti :
-
Monitor mati total
-
Tampilan layar polos ( lcd blank )
-
Tampilan layar bergaris vertikal / horizontal
-
Tampilan layar redup ( gelap )
-
Tampilan layar berubah warna
-
Lampu power ber kedip – kedip
-
Bila monitor dihidupkan nyala sebentar
-
Panel control depan tidak berfungsi
§ Jasa perbaikan-service laptop, netbook berbagai jenis trouble
shooting antara lain :
-
Laptop mati Total
-
Install Os (windows 7)
-
ReeBall Chipset Vga / Bga
-
Laptop hang (Erorr)
-
Keyboard error
-
Lampu power berkedip
-
Battery lemah
-
Hardisk laptop bermasalah
-
Engsel laptop patah
-
Repair body laptop
-
Cable Flexibel Lcd
-
Laptop sering restart sendiri
-
Laptop layar bergaris Vertical
-
Laptop layar bergaris horizontal
-
Perbaikan Mainboard Laptop
-
Ganti Matherboard Laptop
§ Jasa service
printer berbagai jenis dan merk printer Canon ,Epson ,hp ,Brother ,Xerox
meliputi :
-
Printer Dot
matrik
-
Printer Desk jet
-
Printer Laser jet
-
Printer All in one ( printer + scaner )
-
Printer Ploter
Perbaikan segala jenis
kerusakan pada printer seperti :
-
Printer mati total
-
Printer blinking (lampu led berkedip)
-
Printer error
-
Printer tidak terdetek oleh system
-
Hasil print tidak bagus
-
Modif printer epson, canon
-
Dan kerusakan lainnya
c. Aksesoris computer meliputi :
-
Mouse
-
Keyboard
-
Flashdisk
-
CD / DVD
-
Printer
-
Kabel Data
-
Dll
2.
Analisis Situasi
Pasar
Sebelum membuka
usaha Warnet, terlebih dahulu menganalisis situasi keadaan yang sesuai. Memilih
lokasi yang strategis sangat membantu dalam membuka usaha, apalagi bila
memikirkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar tempat membuka usaha
tersebut. Setelah memilih lokasi yang di inginkan, selanjutnya adalah membuat
bangunan yang menarik sehingga terlihat berbeda dari tempat layanan internet
lainnya. Tentunya membuat tempat layanan internet ini bersih dan nyaman,
sehingga pengunjung hanya ingat satu nama tempat layanan internet apabila dia
sedang membutuhkannya.
Apabila pelanggan
telah percaya dengan tempat ini, maka langkah awal dalam membangun usaha ini
telah berhasil. Dan tidak akan sulit apabila ingin menambah usaha baru, karena
pelanggan sudah percaya dengan usaha yang sebelumnya. Karena itu pemilik
membuka usaha baru lagi di tempat yang sama yaitu Melayani Service Komputer dan
Menjual Aksesoris Komputer.
3.
Analisis
Pesaing
Tidak hanya
memikirkan Strategi pasar, pemilik juga memikirkan tentang pesaing. Maka dalam
membuka usaha ini, pemilik terlebih dahuu melihat apakah banyak yang membuka
usaha yang sama atau tidak. Karena banyaknya usaha yang sama menentukan
konsumen banyak yang datang atau tidak.
Seiring berjalannya
waktu, usaha warung internet terfikirkan oleh orang lain. Maka tidak akan cukup
dengan lokasi yang strategis dan tempat yang nyaman saja. Pemilik harus
memikirkan pesaing yang muncul, yaitu dengan cara mencoba sendiri layanan apa
saja yang disediakan pesaing dalam membuka usahanya.
Pemilik mencoba
mendatangi pesaing dengan berpura – pura sebagai pelanggan, lalu menganalisa
apa saja yang disediakan tempat pesaing yang kurang atau tidak ada di tempat
usahanya. Setelah analisa selesai, maka pemilik memikirkan apa saja yang harus
di tambahkan pada tempat usahanya.
Tentu saja
dengan tidak mengurangi rasa hormat pada pelanggan yang sudah percaya pada
Cyber Komputer.
4.
Strategi
Promosi
Saat tempat
dan analisis pesaing sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah promosi tempat
usaha tersebut. Promosi yang di lakukan Cyber Komputer adalah dengan membagikan
voucher game online gratis untuk 1 jam pertama dan bayar normal pada jam
berikutnya. Promosi ini cukup berhasil karena banyak menarik konsumen game
online.
Lalu pemilik
juga memberikan discount 50% apabila konsumen membeli paket 2 jam, sehingga konsumen
yang ingin menjelajah dunia maya bisa berlama – lama dalam melakukan aktifitasnya
di dunia maya. Setelah itu promosi dilakukan oleh konsumen sendiri yang menceritakan
tentang discount yang diberikan oleh Cyber Komputer.
Promosi ini
dilakukan hanya sebulan, cukup ampuh karena setelah sebulan itu konsumen tetap
berdatangan karena sudah nyaman dengan tempatnya dan lokasi yang dekat. Untuk promosi
Service Komputer pun pemilik melakukan hal yang sama yaitu dengan memberikan
discount untuk 20 pelanggan pertama.
5.
Media
Promosi berbasis TI
Tidak cukup
dengan discount, pemilik juga membuat WEB agar konsumen dapat mengetahui tempat
dan layanan apa saja yang disediakan oleh Cyber Komputer. WEB ini berisi
tentang lokasi keberadaan Cyber Komputer, Fasilitas yang di sediakan di dalam
Warnet, apa saja Aksesoris yang di jual, dan layanan Service Komputer yang
disediakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar